Rabu, 23 September 2015

Sewa Tari Minangkabau ( Padang) Persembahan/ Pasambahan, Tari Piring, Tari Sewah di Jakarta hub. 085211711318 atau 021-93786634

Tari Persembahan / "Pasambahan"

Tari Pasambahan adalah salah satu seni tari tradisonal khas suku Minang yang berkembang di berbagai daerah di provinsi Sumatera Barat.
Tarian ini ditampilkan dalam acara penyambutan tamu yang dimaksudkan sebagai ucapan selamat datang dan ungkapan rasa hormat kepada tamu kehormatan yang baru saja sampai. Namun saat ini, tari pasambahan ditampilkan tidak hanya dalam acara penyambutan tamu, tetapi juga dalam seni pementasan dan pertunjukan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat banyak.
Tari pasambahan ditampilkan saat kedatangan tamu yang datang dari jauh, atau saat kedatangan pengantin pria ke rumah pengantin wanita. Tamu yang datang kemudian dipayungi dengan payung kebesaran sebagai penghormatan terhadap tetamu yang datang. Setelah tari pasambahan ditampilkan, kemudian acara dilanjutkan dengan suguhan daun sirih dalam carano kepada sang tamu. Pada saat upacara Pernikahan, suguhan daun sirih diberikan kepada pengantin pria sebagai wakil dari rombongan. Daun sirih di carano tersebut juga biasanya disuguhkan kepada kedua orang tua pengantin
Menyambut kedatangan Tamu para Pejabat  Diplomatik Negara Sahabat  bersama Gubernur Sumatra Barat Bp.Irwan prayitno


" KLIK DISINI " UNTUK MENYAKSIKAN VIDEO " TARI PERSEMBAHAN " 
Tari Persembahan dalam Penyambutan Tamu Para Pejabat Diplomat Negara Sahabat


 " Tari Piring atau Tari Piriang "

Tari Piring atau dalam bahasa Minangkabau disebut dengan Tari Piriang adalah salah satu seni tari tradisional di Minangkabau yang berasal dari kota Solok, provinsi Sumatera Barat. Tarian ini dimainkan dengan menggunakan Piring sebagai media utama. Piring-piring tersebut kemudian diayun dengan gerakan-gerakan cepat yang teratur, tanpa terlepas dari genggaman tangan. Tari Piring merupakan sebuah simbol masyarakat Minangkabau. Di dalam tari piring gerak dasarnya terdiri daripada langkah-langkah Silat Minangkabau atau Silek. 

Pada awalnya, tari ini merupakan ritual ucapan rasa syukur masyarakat setempat kepada dewa-dewa setelah mendapatkan hasil panen yang melimpah ruah. Ritual dilakukan dengan membawa sesaji dalam bentuk makanan yang kemudian diletakkan di dalam piring sembari melangkah dengan gerakan yang dinamis. 
Setelah masuknya Islam ke Ranah Minang, tradisi tari piring tidak lagi digunakan sebagai ritual ucapan rasa syukur kepada dewa. Akan tetapi, tari tersebut digunakan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat banyak yang ditampilkan pada acara-acara keramaian.



" KLIK DISINI " UNTUK MENYAKSIKAN VIDEO " TARI PIRING " (Part 1)

 " KLIK DISINI " UNTUK MENYAKSIKAN VIDEO " TARI PIRING "(Part2)

 " KLIK DISINI " UNTUK MENYAKSIKAN VIDEO " TARI PIRING "(Part 3)





" Tari sewah "

Tari sewah adalah salah satu seni Tari tradisonal Minangkabau yang biasanya dilakukan oleh dua atau tiga orang penari dengan menggunakan senjata tajam yang disebut dengan sewah.
Jika tarian ini dilakukan oleh dua orang penari, hanya salah seorang penari saja yang menggunakan sewah. Sedangkan jika tarian ini dilakukan oleh tiga orang penari, maka salah seorang penari tidak menggunakan sewah dan akan diserang oleh dua orang penari lainnya. Dalam tarian ini, senjata sewah yang digunakan oleh penari tidak bersinggungan dengan penari yang diserang ataupun yang tidak diserang.

Kami Juga Menyediakan Jasa Adat  Minangkabau  lainnya, seperti : 

( Silahkan " KLIK " point menu dibawah ini )

  1. Busana UDA & UNI Sumatera Barat
  2. Sewa Tari Minangkabau (Persembahan/ Tari Piring/Tari Sewah)
  3. Sewa Jas Tutup Pria Adat Minangkabau
  4. Jual Topi Khas Adat Minangkabau
  5. Jual Kain  Songket Khas Minangkabau
  6. Paket Rias Pengantin Adat Minangkabau
  7. Jual Perhiasan & Aksesoris Adat Minangkabau
  8. Busana/ Baju Adat Minangkabau  Anak Cilik
BUSANA & BUDAYA PROPINSI LAINNYA, 
Silahkan "KLIK " point menu dibawah ini :

Informasi lengkap, silahkan hubungi kami :

Klik  disini : " SANGGAR NUSANTARA dot com "

Alamat : 
Jl. Masjid Al Fajri Rt. 012/01 No. 7
Pejaten Barat   Pasar Minggu  Jakarta Selatan DKI JAKARTA 12510, INDONESIA   PATOKAN : Sekolah SMP - SMA Islam Al Azhar Pejaten  ( ALPEN ) Telp. 021-93786634  HP. & Whatsapp 085211711318  PIN BB : 2B1F36E6
Blog: www.sanggarnusantaradotcom  
Klik " Disini "  PETA LOKASI (Google Map)









Tidak ada komentar:

Posting Komentar